Card image cap 12 Jul 2019

SERIAL PRODUK LOW VOLTAGE POWER CABLE JEMBO

PT Jembo Cable Company Tbk., merupakan salah satu produsen kabel terkemuka di Indonesia dengan brand Jembo Cable dan telah berdiri selama 45 tahun. Seiring dengan perkembangannya dari tahun ke tahun, jenis produk kabel yang dapat dihasilkannya pun terus bertambah. Mulai dari jenis kabel Power antara lain kabel Low Voltage (berpenghantar tembaga atau Alumunium), kemudian untuk Medium Voltage.
 
Lalu kabel untuk Telekomunikasi baik dengan penghantar metalik (Tembaga) atau Fiber Optic, kemudian kabel control , kabel Instrument, kabel untuk jaringan distribusi, kabel untuk Run Way Bandara dan sebagainya. Kami akan menjelaskannya satu persatu, namun di artikel kali ini kami akan mulai dari Low Voltage Cable (kabel tegangan rendah).
 
Low Voltage Cable, merupakan kabel yang khusus dipergunakan untuk menyalurkan daya listrik dengan tegangan rendah, yaitu tegangan dengan batas minimum 0,61/1 (1,2) kV sampai dengan 1,8/3 (3,6) kV. Untuk produk ini terdapat 2 jenis material insulated, PVC dan XLPE. Pada kesempatan ini kita akan membahas produk dengan insulated PVC.
 
Produk Jembo Cable yang satu ini mengacu pada standar lokal maupun Internasional, antara lain: SNI (Standar Nasional Indonesia), IEC (International Electro Technical Commission), serta beberapa standar internasional lainnya. Berikut ini ragam kelompok kabel tersebut.
 

1. Low Voltage (Power) Non Armoured Cable
Kabel dalam kelompok ini merupakan kabel yang berfungsi menjadi penghantar daya yang dibuat tanpa pelindung mekanis, beberapa tipe kabel tersebut antara lain: NYA (Thermoplastic Building Wire); NYM (Indoor Cable); NYY (Indoor & Outdoor Cable).
 Kabel tipe NYA dan NYM, merupakan kabel yang sering dijumpai dalam instalasi rumah tinggal yang pemasangannya dapat dilakukan secara permanen, kabel ini bisa dipasang di saluran pipa dan juga ruang terbuka, di lokasi yang kering, dan khusus NYM dapat dipasang di bawah plester. NYA atau dikenal juga dengan Cu/PVC diproduksi dengan rentang ukuran diameter mulai 1,5 mm2 s/d 400 mm2 dengan konstruksi Copper Conductor dan PVC Insulated. Sedangkan NYM dimulai dari 2 core s/d 5 core dengan rentang ukuran diameter dari 1,5 mm2 s/d 35 mm2 dan konstruksi: Annealed Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, Extruded PVC Outer Sheathed.
Tipe lainnya yaitu, NYY merupakan kabel yang dapat dipergunakan baik di dalam maupun di luar ruangan, dengan pemasangan dapat ditempatkan pad arak atau duct, dan juga dapat diletakkan di tanah dengan kondisi yang dipastikan tidak akan mendapat tekanan secara mekanis yang dapat membuat kerusakan pada kabel.
Kabel NYY tersedia dalam jumlah penampang 1 core s/d 7 core, dengan rentang ukuran diameter bervariasi, mulai dari 1,5 mm2 s/d 500 mm2 dan dengan warna identifikasi standard. Sedangkan konstruksi dari NYY atau dikenal juga dengan Cu/PVC/PVC terdiri dari: Annealed Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, dan Extruded PVC Outer Seathed.
 

2. Low Voltage (Power) Armoured Cables
Kabel dalam kelompok ini merupakan kabel yang berfungsi menjadi penghantar daya dengan pelindung mekanis, beberapa jenis kabel tersebut antara lain: NYFGbY, NYRGbY, dan NYBY. Pada tipe NYFGbY dan NYRGbY terdapat jenis Control Cable. 
NYFGbY merupakan kabel yang dipergunakan di dalam dan di luar ruangan dan juga dapat ditanam secara langsung di tempat-tempat yang kemungkinan mengalami tekanan mekanis yang telah diperhitungkan. Kabel NYFGbY yang dikenal juga dengan Cu/PVC/SFA/PVC, diproduksi dengan jumlah penampangan mulai dari 2 core s/d 5 core dan memiliki rentang ukuran diameter mulai dari 4 mm2 s/d 400mm2. Adapun konstruksi dari NYFGbY, adalah:  Annealed Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, Extruded PVC Inner Sheath, Flat Steel Wire Armoured, dan Extruded PVC Outer Sheathed.
Hampir sama dengan NYFGbY, kabel NYRGbY juga merupakan kabel dengan pelindung mekanis yang dapat dipergunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. Jumlah penampang kabel NYRGbY mulai dari 2 core s/d 6 core dengan diameter penampang antara 1,55 mm2 s/d 400 mm2. Konstruksi NYRGbY terdiri dari: Annealed Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, Extruded PVC Inner Sheath, Galvanized Round Steel Wire Armoured, dan Extruded PVC Outer Sheathed. Kabel NYRGbY sendiri memiliki fungsi sama dengan NYFGbY. Namun dari segi flesxibilitas NYRGbY lebih baik dan NYFGbY lebih banyak digunakan karena lebih murah dan diameter kabelnya lebih kecil.
Kabel yang lainnya adalah kabel NYBY, kabel ini hampir sama dengan kabel NYRGbY. Kabel NYBY di gunakan di dalam dan luar ruangan, serta dapat ditanam langsung. Jumlah penampangnya dimulai dari 2 core s/d 5 core, dan rentang ukuran penampangnya 1,5 s/d 300 mm2. NYBY yang dikenal dengan Cu/PVC/DSTA/PVC memiliki konstruksi yang terdiri: Annealed Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, Extruded PVC Inner Sheath, Helically Galvanized Steel Tape, dan Extruded PVC Outer Sheathed.
 

3. Low Voltage Screened Cables
Dalam kelompok ini terdapat beberapa tipe kabel, diantaranya: NYSY dan NYCY, Pada tipe NYSY terdapat jenis Control Cable. Kabel NYSY dan NYCY merupakan kabel yang dapat dipergunakan di dalam dan di luar ruangan dengan pemasangan langsung di area Pembangkit Listrik, parbrik-pabrik, dan juga untuk koneksi perangkat listrik sinyal dalam indusri jika peningkatan perlindungan mekanik dan listrik diperlukan. Kabel NYSY atau Cu/PVC/CTS/PVC diproduksi dengan jumlah penampang mulai dari 2 core s/d 5 core dan memiliki rentang ukuran diameter mulai dari 1,5 mm2 s/d 35 mm2. Adapun konstruksi dari NYSY adalah: Annealed Copper Conductor, Exturded  PVC Insulated, Extruded PVC Inner Sheath, Helically Cipper Tape Screen dan Extruded PVC Outer Sheathed. Sedangkan kabel NYCY atau Pu/PVC/CWS/PVC jumlah penampangnya mulai dari 1 core s/d 4 core dengan diameter penampang antara 1,5 mm2 s/d 300 mm2. Konstruksi NYCY terdiri dari: Annealed Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, Extruded PVC Inner Sheath, Copper Wire Screen and Tape, dan Extruded PVC Outer Sheathed.
 

4. Flexible Cables
Kabel-kabel ini merupakan kabel dengan fleksibilitas yang cukup tinggi karena konduktornya terbuat dari tembaga serabut. Beberapa kabel tersebut antara lain: NYAF (Thermoplastic Bulding Cable); NYMHY; dan NYSHY. 
Kabel NYAF merupakan kabel yang digunakan dalam instalasi permanen dengan lokasi penggunaan di tempat kering. Kabel NYAF yang diproduksi memiliki rentang ukuran diameter mulai 1,5 mm2 s/d 240 mm2. Konstruksi kabel NYAF terdiri dari: Flexible Copper Conductor, dan PVC Insulated.
Kabel NYMHY merupakan kabel yang digunakan untuk instalasi dalam ruangan atau digunakan untuk peralatan listrik tangan. NYMHY diproduksi dengan jumlah penampang dari 2 mm2 s/d 5 mm2 dengan ukuran diameter 0,75 mm2 s/d 2,5 mm2. Konstruksi kabel NYMHY terdiri dari: Flexible Copper Conductor, Extruded PVC Insulated, Extruded PVC Inner Sheathed, dan Extruded PVC Outer Sheathed. 
Untuk beberapa tipe kabel diatas, diantaranya; NYY, NYFGbY, NYRGbY, NYBY, NYSY, dan NYCY, Jembo Cable melayani permintaan khusus dengan material dalam kategori: Oil Resistance, Flame Retardant Cat. A,B,C dan Non Category, serta Nylon Coated. Sedangkan untuk kabel NYA Jembo Cable melayani permintaan khusus dengan material Head Resistence.
Informasi produk selengkapnya cek katalog produk seri Low Voltage Cable Jembo di sini


Sumber: Majalah Turbo Edisi XXXIII, Januari 2014

Informasi Lainnya