Card image cap 10 Jul 2020

Kunjungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ke Pabrik PT Jembo cable Company Tbk

Tangerang, 9 Juli 2020 - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara) yang diwakili oleh Ibu Astrid Feni Sani selaku Analisis Kebijakan Muda, melakukan kunjungan ke Pabrik  PT Jembo Cable Company Tbk dalam rangka mendukung promosi perusahaan lokal di Indonesia, dimana PT Jembo Cable company Tbk. merupakan salah satu pemasok kabel Metal Corrugated (MC - Cable) pada beberapa perusahaan tambang, termasuk kepada PT Freeport Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan tambang terkemuka di Indonesia.

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara atau yang dikenal dengan sebutan Dirjen Minerba, menjalankan tugas sebagai pembina, pengendalian dan pengawasan kegiatan mineral dan batubara di Indonesia dan merupakan salah satu ujung tombak pemerintah dalam mendorong penggunaan produk dalam negeri dengan menerapkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 12% bagi perusahaan tambang di Indonesia dan dari hasil audit ke beberapa perusahaan tambang, saat ini dari semua material yang digunakan termasuk material kabel, rata-rata TKDN nya telah mencapai 17%. Untuk itu Dirjen Minerba akan terus berusaha mempromosikan produsen lokal ke perusahaan pertambangan di Indonesia, khususnya bagi produk-produk lokal yang telah memiliki/ memenuhi TKDN akan menjadi prioritas untuk digunakan setiap perusahaan tambang.

Produk kabel Metal Corrugated yang dihasilkan PT Jembo Cable Company Tbk., sendiri telah memenuhi TKDN antara lain : Kabel Low Voltage sebesar 72.99%, kemudian kabel Medium Voltage sebesar 50.16% kabel Instrument (Pair) sebesar 44.10% dan kabel Instrument (Triad) sebesar 46.77%. PT Jembo Cable Company Tbk akan terus berkomitmen untuk selalu konsisten menjaga mutu dan kualitas produk.

Kunjungan Dirjen Minerba kali ini juga bertujuan untuk melihat lebih dekat proses pembuatan kabel yang diproduksi oleh PT Jembo Cable Company Tbk, serta melakukan pengumpulan data untuk pembuatan E-Katalog, dimana nantinya Produsen bisa memasarkan produknya sesuai nomenklatur kabel yang diproduksi, sehingga memudahkan para pembeli untuk memilih sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Selain perwakilan dari Dirjen Minerba, kunjungan pabrik kali ini juga diikuti oleh perwakilan dari PT Freeport Indonesia, yaitu Bapak Adam Setiawan selaku Purchasing, yang dalam presentasinya menjelaskan tentang alur pengalihan pembelian produk kabel ke perusahaan lokal. Mulai dari identifikasi kebutuhan kabel, identifikasi manufaktur lokal, diskusi teknis dan komersial, melakukan pembelian uji coba, melakukan uji coba produk, evaluasi hasil uji, setelah itu barulah proses pengalihan pembelian produk lokal dilakukan dan menurut Bapak Adam Setiawan, PT Jembo Cable Company Tbk sudah memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan sehingga PT Freeport Indonesia dapat melakukan pengalihan pembelian kabel Metal Corrugated ke PT Jembo Cable Company Tbk.

Terima kasih secara khusus kepada Dirjen Minerba dalam usahanya mendorong penggunaan produk lokal oleh perusahaan tambang di Indonesia, serta terima kasih secara khusus kepada PT Freeport Indonesia yang selama ini telah menggunakan produk kabel Metal Corrugated dari PT Jembo Cable Company Tbk. Kiranya kerjasama yang telah terjalin akan terus berlanjut dan mendatangkan kebaikan serta kesuksesan yang luar biasa.

Other Information