Berita & Acara

Berita & Acara

TANTANGAN ANDA ADALAH PROGRESS KAMI

Kunjungi PT Jembo Cable, Mahasiswa Mercu Buana Dapat Pengetahuan Tentang Industri Kabel

Jembo News, 07 November 2018-  Sudah menjadi kebiasaan bagi PT Jembo Cable Company Tbk., untuk memberikan ruang kunjungan bagi mahasiswa-mahasiswi Indonesia, khususnya fakultas Teknik Industri. Setelah beberapa waktu lalu Universitas Pamulang kali ini kunjungan pun dilakukan oleh mahasiswa/i Universitas Mercu Buana.

Lala Indrawati, mahasiswi semester 1 fakultas teknik industri Mercu Buana mengaku ingin menjadi seorang tenaga handal di industri dalam negeri. Ia ingin setelah lulus kelak, jenjang akademis yang ia tempuh sejalan dengan pekerjaan yang diemban nantinya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, data Kementerian Ketenagakerjaan menunjukkan bahwa 63 persen pekerja di Indonesia tidak selaras dengan wilayah akademis yang sebelumnya ditempuh.

Di tempat terpisah apa yang dikatakan Lala juga sejalan dengan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dalam gelaran Making Indonesia Conference 4.0 di Gedung Rajawali Kemenperin, ia menyebut saat ini pemerintah telah meluncurkan program match and link di mana kampus-kampus di Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dengan beragam industri tanah air agar industri dan kampus pun saling mengetahui kebutuhan masing-masing yang diharapkan dapat meminimalisir pekerja yang tidak sesuai dengan latar pendidikannya.

Dalam kunjungan kali ini Agustinus Randa selaku Marketing Manager Jembo Cable Company Tbk pun memaparkan tentang bagaimana kabel Jembo diproduksi dihadapan para mahasiswa hingga mendapat kepercayaan dunia internasional dalam industri kabel. Untuk ketahanan kabel Jembo memang memiliki kekuatan selama 30 tahun dan sudah mengantongi sertifikat ISO 9001:2008, ISO 14001:2004, OHSAS 18001:2007 yang diakui dunia internasional. Maka itu Jembo pun menyasar pasar Eropa, Amerika, dan bahkan Amerika Latin.

Fauzia Ekatriningsih, selaku Kaprodi mahasiswa teknik industri Mercu Buana pun turut hadir dalam kunjungan kali ini. Disinggung mengenai industri di Indonesia pada umumnya, Fauzia mengatakan jika saat ini industri dalam negeri sudah serba canggih mengingat program Revolusi Industri 4.0 belakangan memang gencar dikampanyekan pemerintah dan swasta di mana rantai nilai produksi terintegrasi dengan teknologi.

“Ini sangat bagus sekali untuk perkembangan ke depannya bagi industri dalam negeri kita,” tutur Fauzia. Dalam kunjungan tersebut Fauzia pun merasa mendapat apresiasi penuh dari PT Jembo Cable Company Tbk lantaran diterima dengan sangat baik dengan kehadiran mahasiswa-mahasiswinya ke sana. “Saya sangat senang sekali mendapat kesempatan untuk mengunjungi PT Jembo Cable Company Tbk di mana para mahasiswa dapat mengetahui proses pembuatan kabel, bagaimana untuk menangani mantainance, menangani kualitas yang semuanya sangat terintegrasi. Tentu ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Jembo Cable juga sangat kooperatif dan mau membagi pengetahuan dan pengalamannya di industri sehingga saat ini mampu menjadi perusahaan yang besar dan menguasai pasar,” tutupnya. (Gilang Pradana)